Kamis, 06 Maret 2014

ONLINESHOP Part 2

Pagi Surabaya... 
Mendung syahdu dengan hawa-hawa dingin yg akhir2 ini menyerang kota Surabaya membuat nyaman berlama-lama diatas kasur. Bahayaa.. 😆
Okee, postingan ini semoga membantu saya untuk beranjak dari kasur ini, nanti. 

Setelah postingan yg kemarin tentang OS yg kurang bersahabat dengan customernya dengan segala keanehanya, skrg aku merasa perlu mempunyai tata cara yg apik untuk sebuah OS yg TERPERCAYA. Bukan hanya sekedar bagus atau murah. KEPERCAYAAN adalah segalanya. Bukan sekedar percaya tentang sudah transfer atau belum, tapi SEMUANYA. 

Kita sebagai OS selalu berharap customer itu serius dalam membeli barang, jadi alangkah baiknya kita OS jg memberikan kepercayaan kepada mereka dengan MEMASTIKAN barang yg  kita jual sesuai dengan harga dan kualitas nomor wahid. *lebay

Sebagai pengalaman #1, dulu pernah beli baju yg semua gambar katalognya ala2 korea. Sudah ditanya modelnya sama apa engga, dibilang sama kyk difoto. Persis. Cukup meyakinkan waktu itu, dan oke deal. Barang dikirim, dan taraaaaaa.... Jauh dari harapan, jauh dari gambar yg dia pasang. Walhasil aku komplain, tanpa dosa si penjual bilang gini "namanya jg konveksi Sist, iya kalo aku jahit sendiri". Apakah ini jawaban yg baik untuk sebuah OS ? *tanyakan hati anda*

Pengalaman #2, pernah mau beli barang (lagi2 dengan gambar2 ala2 korea), udah milih yg A, udah bilang oke, gak lama ada uploadan baru, maunya barang A diganti dengan barang B, *posisi blm transfer* dan kata si penjual "Sorry Sist, gak bs cancel, klo mau nambah aj". (Eluuu kate duit gue buat beli baju aje). Apakah ini jawaban yg baik untuk sebuah OS yg nyaris terkenal? ? Kali ini aku jawab, NO! -- untuk kasus ini, customernya jd ogah beli, akhirnya yg barang A jg gak dibayar, yg rugi jg OS-nya. TAPI mereka mengaku puas dgn mem-blacklist customer yg dibilang Hit n Run DAN dipublikasikan di Sosmed. Padahal OS-nya yg gak oke. Jd, tolong ngaca dlu buat para OS yg suka begitu. Belum lg soal PO dgn jangka waktu yg gak wajar, bs 2minggu sampai 1bulan lebih.  

Jualan yg baik itu gak cuma sekedar ngurusin keuntungan kita, tp customer jg perlu diuntungkan. Barang PO yg terlalu lama dengan kualitas barang yg beda dgn penjelasan penjual, hampir dipastikan customer bakal kecewa.  Customer adalah Raja itu masih berlaku. Artinya, customer bebas milih barang dan SANGAT bebas bertanya ttg barang yg kita jual selayaknya kita membeli barang di toko2 atau di gerai2. 

Untuk Reseller, customer biarkan memilih. Tampung pertanyaannya, jawab dengan sopan. Ketika ada perubahan barang, komunikasikan dengan supplier anda. Supplier yg baik jg akan memuaskan resellernya. Tapi ingat toleransi tetep harus ada, perubahan yg cenderung plin plan harus segera dikasih ketegasan. Tindak yg tidak wajar.
Posisikan diri anda sendiri sbg customer. Ketika barang datang dgn kualitas buruk, BERANILAH untuk tidak menjual kepada customer. Ini PENTING untuk NAMA BAIK OS anda. Ingak .. Ingak .. 

Untuk Dropship, (yakin anda mau dropship?) anda harus benar2 mengetahui kualitas barangnya dan pengirimannya. Sebagian yg dropship akan menuai komplain barang tdk sesuai atau pengiriman yg super lama dgn alasan supplier yg ini itu. Ketika di komplain, jgn beri alasan krn itu barang dropship, yg anda sendiri jg blm tau barangnya tp sudah berani menjual. Berikan alasan yg MEMUASKAN. Jgn cuma mau uangnya tp tdk memberikan kepuasan pada customer. 

Yg jelas aturan PAKEM yg kudu dipatuhi OS adalah: 
1. Harga HARUS ada. 
2. Material HARUS dicantumkan dgn benar.  
3. Size / Isi HARUS ada. 
4. Berbaik sangkalah kepada Customer. 

Sekali lagi, jgn menganggap dengan tdk mencantumkan 3 hal pokok diatas, Customer akan aktif bertanya. Jika kebanyakan nanya, anda akan bingung sendiri. Sebel sendiri dll. Akhirnya blacklist, dan publikasi. Perpikirlah banyak kali untuk ini. 
HAPPY SHOPPING SISSYYY .. 

VIVIN RAHMAWATI
IG. vivinrahmawati
Line. Vrahmawati 

*saran kritik, kami trima. Silahkan

1 komentar: