Senin, 24 Februari 2014

Online Shop!

ONLINESHOP! Siapa sih yg gak prnh blanja di Online Shop? Kyknya semua muda mudi berlomba2 mencari barang hampir disemua OS via Instagram, FB, Twitter, Web, atau semacam Tobag, Topedia, Kaskus, dll. 

Oke, langsung aj yaa bahasan tentang OS. Jadi gini, Kurang lebih 6 bulan ini, aku memulai usaha jual beli barang bekas. Yg lg happening fokusnya ada pada fashion. Beberapa bulan jalan akhirnya aku mulai buka OS. Coba2 awalnya krn kebayang sibuk dan ribetnya bales pertanyaan dr customer. But, okelah. Akhirnya aku buka OS via Instagram. 

Idealnya, OS itu kasih penjelasan barang. Mulai dr ukuran, harga, keadaan baju, barang ready/ tidak, dan lain2 yg sekiranya bnyk ditanyain customer. Tapi akhir2 ini yg bikin risih itu, beberapa OS tidak mencantumkan harga dsb. Tapi mereka malah mencantumkan "Nanya2 lngsng kontak yg ada di bio" dan sejenisnya yg intinya meminta customer untuk giat bertanya. Nah, pdhl orang mau beli itu pst pengen tau harga. Harga gak cocok yaa wajar dia nanya yg lain, mgkn sampai batas harga yg customer inginkan. Ukuran kurang yakin, ya kudunya OS bs menjelaskan detail baju dgn senang hati. JANGAN menjudge orang tdk serius beli cuma gara2 nanya2in harga. Trus di blacklist, di umumim via sosmed. Menurut aku, mending kasih penjelasan sejelas2nya ttg produk yg dijual. Harapannya customer aktif tp malah buntu sendiri. Harapan akan jd sekedar harapan. 

Ada lagi tentang mencuri customer. Pikirku, ini apalagi. Customer pindah OS, atau lebih milih OS lain pst jg ada alasan. Gak ada kejelasan di OS A, otomatis dia akan pindah ke OS B yg lebih enak responnya, termasuk soal harga. Klo emg di OS lain harganya lebih murah dgn barang yg sama, terimalah. Jgn koar2 yg lain pd nyuri customer deh. Yg lagi2 bakal di caci maki di Sosmed. 

Satu lagi, ada jg yg slow respon sampek kebangetan. Customer udh niat, giliran OSnya yg kurang greget. Alasannya yg paling banyak adalah Sibuk. Sebagian blg karena OSnya adalah sampingan. Pagi kerja, pulang kerja baru bs buka lapak dagangannya di OS. Hhhhrrrrr. 

Menurut aku, OS yg baik itu akan tetap menjadi baik jika respon terhadap OS yg lain jg baik. InsyaAllah, OS aku tetep santun. Kepercayaan antara Penjual dan Pembeli itu harus kuat. 

Persaingan itu sengit, tp nikmatilah. Bersyukurlah. Rejekimu adalah Rejekimu. Sekian 😘👌

KAOS KAKI, HIJAB, NEW AND SECONDSTUFF. 
- IG. vivinrahmawati 
- SMS/WA. 0899 069 5478
- Line. Vrahmawati

1 komentar:

  1. Setujuuu..Rejeki kan udah diatur, ga usah bilang curi mencuri customer lah yaa..Jadi seller jangan jutek-jutek dikit" blacklist,hahaha
    Oya, mau nitip baju lagi sist :p

    BalasHapus